Tips Mendapat Harga Sapi Qurban Murah dan Berkualitas


Sebentar lagi, umat muslim di seluruh dunia akan merayakan Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah. Hal pertama yang terlintas di pikiran tentunya mengenai penyembelihan hewan qurban. Di Indonesia sendiri terdapat tiga jenis hewan yang biasa dijadikan qurban yaitu kambing, domba dan sapi. Umumnya harga sapi qurban ataupun hewan qurban lainnya akan jauh lebih mahal menjelang Idul Adha.

Untuk menyiasatinya, Anda bisa juga membeli hewan sapi qurban dengan cara patungan bersama teman atau keluarga. Namun, perlu Anda ketahui jika jumlah peserta yang mengikuti patungan membeli qurban sapi maksimal 7 orang saja.

Tips Membeli Harga Sapi Qurban Murah

Terdapat beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan harga sapi qurban dengan harga murah, yaitu sebagai berikut :

1. Membeli hewan qurban dari jauh-jauh hari

Harga hewan qurban akan melonjak naik saat mendekati hari raya Idul Adha. Kenaikan harganya bisa mencapai lebih dari 30% dibandingkan dengan harga normalnya. Maka dari itu jika Anda hendak membeli hewan qurban, sebaiknya membeli dari jauh-jauh hari. Beberapa bulan sebelumnya dari waktu hari raya Idul Adha tentu lebih baik. Anda bahkan bisa membelinya 6 atau 12 bulan sebelumnya.

2. Mencari hewan qurban di daerah yang lebih murah

Harga hewan qurban bisa jadi memiliki harga yang berbeda-beda antara wilayah satu dengan lainnya. Harga hewan qurban yang dijual di daerah, umumnya jauh lebih murah dibandingkan Anda membeli di kota. Apalagi jika Anda membelinya dalam jumlah yang banyak, Anda bisa mendapatkan poongan harga sehingga membayar lebih murah.

3. Beternak hewan qurban

Ingin mendapatkan harga hewan qurban lebih murah lagi? Kenapa Anda tidak berternak hewan sendiri saja. Apabila Anda mempunyai modal yang cukup dan kesempatan untuk berternak, maka hal ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain mendapat harga murah, Anda juga bisa mendapatkan banyak keuntungan dari menjual hewan qurban hasil ternak Anda sendiri.

Nah itu tadi beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk bisa mendapatkan harga hewan qurban dengan harga murah. Namun, harga murah saja tentunya tidak cukup. Dalam pemilihan hewan qurban Anda perlu memperhatikan syarat-syarat yang sesuai dengan ketentuan agama Islam. Supaya hewan qurban Anda benar-benar berkualitas.

Pertama, pastikan hewan qurban yang Anda pilih benar-benar sehat, tidak sakit ataupun cacat sedikitpun. Hal ini menjadi syarat wajib saat memilih hewan qurban. Hal ini dapat Anda perhatikan dari kondisi hewan apakah terlihat loyo, tidak bernafsu makan atau keluar cairan dari hidung, telinga, mata atau anus. Sebaiknya pilih hewan qurban yang lincah, berbadan gemuk, fisik bagus serta daging yang banyak.

Kedua, berkaitan dengan usia hewan. Jika Anda hendak berqurban hewan sapi, sebaiknya pilih yang usia 2 tahun. Untuk hewan kambing sebaiknya berusia 1 tahun dan domba berusia 6 -12 bulan.

Lalu bagaimana cara mengetahui usia dari hewan yang hendak Anda beli tersebut? Hal ini dapat terlihat dari gigi susu hewan yang telah berganti menjadi gigi tetap. Pada sapi, biasanya satu pasang gigi serinya menandakan usia sapi telah 2 tahun. Sedangkan pada kambing dan domba, sepasang gigi susu yang berganti gigi seri menandakan usia hewan telah satu tahun.

Nah itu tadi beberapa tips yang perlu Anda ketahui untuk mendapatkan harga sapi qurban yang murah dan berkualitas. Selamat mencoba!

Belum ada Komentar untuk "Tips Mendapat Harga Sapi Qurban Murah dan Berkualitas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel