Lakukan 5 Cara Merawat Gigi Sehari-Hari ini Supaya Tidak Berlubang


Ketika gigi berlubang rasa sakit yang amat sangat akan muncul, tandanya cara merawat gigi selama ini masih belum benar. Sakit karena gigi berlubang sangat sulit ditahan karena akan mengganggu kegiatan sehari-hari. Tak hanya rasa sakit di sekitar gusi dan gigi tetapi sampai menimbulkan pusing yang menghilangkan fokus.

Munculnya lubang ini dikarenakan lapisan terluar gigi yang dikenal dengan enamel sudah terkikis. Sehingga ketika bakteri pada mulut sudah menumpuk lubang pun akan mudah terbentuk. Dari mana bakteri datang? Penyebab utamanya adalah konsumsi makanan yang manis dan tidak menjaga kebersihan mulut. Padahal cara merawat gigi orang dewasa dan anak-anak tidak sulit asalkan rutin dilakukan.

5 Cara Merawat Gigi untuk Menghindari Masalah Gigi Berlubang

Pada saat gigi menjadi lebih sensitif hingga rasa nyeri muncul, Anda bisa saja meredakannya dengan membeli obat langsung melalui aplikasi Halodoc. Melalui aplikasi ini Anda bisa menemukan obat pereda nyeri untuk gigi berlubang seperti Ibuprofen, Neproxen, hingga Paracetamol. Cara membeli di Halodoc memang mudah, hanya dengan ketuk menu beli obat dan mencari obat yang dibutuhkan.

Tapi bukankah akan lebih baik mencegah dengan mengikuti berbagai jenis perawatan gigi sendiri di rumah daripada mengobati? Apalagi sakit gigi sangat sulit untuk ditahan. Untuk itu, yuk ikuti cara merawat gigi sehari-hari yang ternyata mudah dilakukan berikut ini.

Menyikat gigi setelah selesai makan

Perawatan pertama yang tak boleh dilewatkan adalah rutin menyikat gigi, bukan hanya dua kali sehari saat mandi tetapi juga setelah makan. Alasannya adalah untuk menghilangkan sisa-sisa makanan yang tersangkut di sela-sela gigi. Jadi sangat disarankan untuk menyikat gigi, tetapi jika tidak sempat gantilah dengan berkumur.

Pilih pasta gigi mengandung fluoride

Perhatikan juga pasta gigi yang dipilih, karena kandungan fluoride harus pada. Fungsi dari fluoride adalah untuk meningkatkan perlindungan pada enamel gigi.  Fluoride mampu memberikan perlindungan dari senyawa asam perusak gigi yang berasal dari bakteri saat menciptakan plak.

Rutin periksa ke dokter gigi

Pergi ke dokter gigi bukan ketika merasa sakit akibat gigi berlubang saja. Perlu juga untuk pergi ke dokter gigi seperti Mydents Dental Care Ciledug untuk melakukan perawatan. Apa saja perawatan yang dilakukan? Banyak, contohnya menghilangkan karang gigi, memberikan sealant atau jaket pelindung gigi, dll. Periksa ke dokter gigi juga bisa menjadi tindakan pencegahan gigi berlubang yang akan terdeteksi sejak dini.

Batasi konsumsi makanan dan minuman manis

Makanan adalah penyebab gigi berlubang tapi tidak semuanya. Makanan dan minuman yang manis adalah jenis makanan yang paling mudah diurai oleh bakteri untuk menjadi zat asam. Zat asam inilah yang akan merusak lapisan enamel pada gigi dengan cepat. Ditambah lagi jenis makanan yang manis seperti coklat dan permen paling mudah untuk tersimpan di sela-sela gigi.

Konsumsi air dengan cukup

Mulut kering akan meningkatkan bakteri memproduksi zat asam dan membentuk plak. Maka menjaga kelembaban mulut itu sangat penting sebagai tindakan mencegah bakteri memproduksi zat asam. Kelembaban yang baik dalam mulut bisa didapatkan dengan konsumsi air yang cukup. Selain itu mengkonsumsi air akan membuat tubuh terhidrasi yang tentunya baik untuk kesehatan.

Siapa yang ingin merasakan gigi berlubang? Pasti tidak ada yang mau merasakan menderitanya sakit gigi. Untuk itu mari jaga gigi dengan mengikuti cara merawat gigi dengan baik sehari-hari ini.

Belum ada Komentar untuk "Lakukan 5 Cara Merawat Gigi Sehari-Hari ini Supaya Tidak Berlubang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel