Inilah Beberapa Ciri Virus Corona yang Perlu Anda Ketahui


Di Indonesia jumlah pasien yang terpapar corona selalu mengalami peningkatan setiap harinya. Sampai dengan saat untuk jumlah kasus pasien positif covid-19 di Indonesia sudah mencapai 5. 136 jiwa. Dan jumlah kematian sudah mencapai angka 469 jiwa. Pada umumnya ciri virus corona biasanya menunjukkan gejala seperti demam tinggi dan sakit kepala sampai dengan sesak napas dan tenggorokan sakit. Tetapi Anda juga harus tahu bahwa gejala tersebut akan muncul pada hari kedua sampai dengan hari ke 14 semenjak pertama kali pasien terpapar corona.

Tidak hanya gejala umum saja seperti di atas akan tetapi menurut beberapa penelitian tenaga medis sudah banyak yang memberikan keterangan bahwa ada beberapa pasien corona yang lengkap dengan gejala seperti mereka kehilangan indera penciuman mereka dan tanpa dilengkapi dengan gejala yang lain. Pada umumnya memang beberapa pasien yang terpapar corona memang menunjukkan gejala ringan namun tidak menutup kemungkinan masih banyak juga dari mereka yang memiliki gejala kritis sampai dengan meninggal. Orang-orang tersebut adalah mereka yang memiliki bawaan penyakit kronis.

Ciri virus corona dari hari ke hari memang sangat perlu untuk diwaspadai. Biasanya penyakit ini akan menunjukkan gejala yang berbeda dari hari ke hari. Bukan di hitung dari kapan dia terinfeksi corona hal ini karena virus ini memiliki masa inkubasi yang mana pasien yang sudah terpapar corona tidak menunjukkan gejala apa-apa sampai 14 hari kemudian. Dan berikut ini adalah beberapa gejala virus corona dari hari ke hari yang perlu diwaspadai:

Hari ke -1

Biasanya pasien akan mengalami gejala seperti demam yang sangat tinggi, kelelahan dan nyeri otot sampai dengan sakit pada tenggorokan mereka. Tidak hanya itu saja terkadang ada pasien yang sudah terpapar corona mereka mengeluhkan gejala seperti diare dan badan lemas. Kadang juga disertai dengan rasa mual dan badan terasa tidak enak. Saat ini sudah muncul gejala baru yakni kulit merah dan gatal-gatal.

Hari ke -5

Biasanya pada hari ke 5 pasien yang memiliki riwayat penyakit kronis seperti darah tinggi dan pasien yang sudah berusia lanjut akan memiliki gejala sesak napas. Dan kondisi ini akan semakin parah maka dari itu bila tidak segera mendapatkan pertolongan maka akan terjadi hal yang sangat fatal yakni kematian.

Hari ke -10

Bila sudah masuk hari ke 10 maka gejala yang secara umum terjadi pada pasien akan semakin memburuk. Dan pada kondisi seperti ini pasien akan dipindahkan ke ruang ICU. Banyak pasir yang mengeluhkan akan kehilangan selera makan dan banyak dari mereka juga yang akan merasakan sakit perut yang hebat. Dan pada masa ini tidak sedikit pasien yang terpapar corona bisa meninggal.

Perlu diketahui bahwa ciri virus corona hampir mirip dengan penyakit pneumonia. Akan tetapi keduanya bisa dilihat dari cirinya yang sangat berbeda yakni gejala corona akan semakin memburuk dari hari ke hari. Karena sudah semakin banyaknya jumlah pasien positif dan pasien yang meninggal dunia maka sudah menjadi suatu keharusan bahwa setiap masyarakat memang harus mentaati setiap himbauan yang diberikan oleh pemerintah. Gunakan masker saat keluar dari rumah. Rajin cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir selama 20 menit sekali. Dan yang paling terpenting adalah jangan keluar rumah untuk kegiatan yang tidak penting serta lakukan physical distancing. Untuk informasi lebih lanjut seputar corona bisa hubungi aplikasi Halodoc.

Belum ada Komentar untuk "Inilah Beberapa Ciri Virus Corona yang Perlu Anda Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel